Senin, 12 Oktober 2015

Makanan Yang Menyebabkan Asam Lambung Meningkatkan

Assalamu’alaikum Wr.Wb
Permisi nih saya mau posting pengalaman saya tentang kesehatan. Tadi pagi di kantor ada teman saya yang sedang ulang tahun. Dia membagi-bagikan kue coklat ke teman-teman kantor yang lain termasuk juga saya. Berhubung saya penggemar coklat khususnya kue brownies Amanda saya ambil tuh kue sekitar kalo tidak salah 2 atau 3 gitu, hehe maklum lupa sudah habiskan berapa. Saya makan kue sambil kerja di depan komputer. Tiba-tiba saya merasa pusing dan merasa mual. Saya ingat kalau saya belum minum air putih sehabis makan kue brownies. Tapi setelah minum perut merasa tambah pusing dan mual gak karuan. Jam kerja pun selesai dan saya pulang.

Sesampainya dirumah saya mencoba untuk membaringkan diri berharap perut saya tidak mual lagi. Ternyata
itu tidak membuat harapan saya terkabul, malah ingin muntah. Kemudian saya muntah dikamar mandi. Tapi yang membuat saya heran muntahnya tidak mengeluarkan kue brownies yang saya makan, yang ada hanya air saja yang terasa asam. Dari situ saya mulai curiga kalo asam lambung saya meningkat. Lalu saya searching di mbah google akibat makan coklat terlalu banyak. Dan kesimpulannya coklat dapat meningkatkan produksi asam lambung. Namun bukan hanya coklat yang dapat meningkatkan asam lambung. Bagi penderita asam lambung tinggi ada beberapa makanan pantangan yang harus dihindari.

Berikut di bawah ini makanan yang membuat produksi asam lambung meningkat :

1. Makanan atau minuman yang banyak mengandung gas dan terlalu banyak serat, antara lain:
  • Sayuran tertentu contohnya sawi dan kol
  • Buah tertentu contohnya nangka dan pisang ambon
  • Makananan berserat tertentu contohnya kedondong dan buah yang dikeringkan
  • Minuman bersoda
2. Makanan atau minuman yang banyak mengandung gas dan terlalu banyak serat, antara lain : 
  • Makanan berlemak
  • Kue tar
  • Coklat
  • Keju
3. Makanan yang membuat lambung memproduksi asam lambung berlebih. Antara lain yaitu :
  • Kopi
  •  Anggur putih
  • Sari buah sitrus
  • Susu full cream
4.       Makanan yang secara langsung dapat merusak dinding lambung antara lain yaitu :
  • Makanan yang mengandung cuka
  • Makanan yang mengandung pedas
  • Dan makanan yang mengandung merica
5.       Makanan yang dapat melemahkan klep kerongkongan bagian bawah sehingga membuat cairan asam lambung naik ke kerongkongan. Makanannya antara lain, yaitu :
  • Coklat
  • Makan makanan tinggi lemak
  • Gorengan
6.  Makan Permen Karet

7. Dan yang terakhir yaitu merokok


Mungkin hanya itu saja yang bisa saya bagikan kepada anda. Saya ingin mengajak anda merawat dan menyayangi organ pencernaan. Karena sehat itu mahal harganya. Jika ada kritik dan saran silahkan komen di bawah ya. Terima kasih, Wassalamu’alaikum Wr. Wb

1 komentar:

Back to top